Analisis Perilaku Biaya dalam Perhitungan Harga Pokok Produk dan Penetapan Harga Jual
(Studi Kasus UD. Sinar Terang Beton, Surabaya - Indonesia)
Abstract
UD. Sinar Terang Beton is a company in the city of Surabaya that produces and sells various types of paving products. In determining product selling prices, the company uses a producer-based pricing method so that it does not calculate the cost price for each product. Therefore, this research aims to recalculate the cost of the company's products based on their cost behavior and calculate the selling price so that it can be used as a consideration in determining the selling price of the product. This research uses primary data from researchers through interviews, field observations, and documentation activities. The validity of the data obtained from these activities was tested using data, source, and time triangulation techniques. The research results show that the company’s current price is slightly higher than the researcher's selling price calculation using the cost-plus pricing selling price method with a full costing and variable costing approach.
ABSTRAK: UD. Sinar Terang Beton merupakan salah satu perusahaan di kota Surabaya yang memproduksi dan menjual berbagai jenis produk paving. Dalam menetapkan harga jual produk, perusahaan menggunakan metode penentuan harga berdasarkan produsen sehingga tidak melakukan perhitungan harga pokok untuk setiap produk. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghitung kembali harga pokok produk perusahaan berdasarkan perilaku biayanya dan melakukan perhitungan harga jual untuk dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menetapkan harga jual produk. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh peneliti melalui kegiatan wawancara, observasi lapangan, serta melakukan kegiatan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan tersebut keabsahan datanya diuji dengan teknik triangulasi data, sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga yang saat ini ditetapkan perusahaan sedikit lebih tinggi daripada perhitungan harga jual peneliti dengan menggunakan metode harga jual cost-plus pricing dengan pendekatan full costing dan variable costing.
Downloads
References
Budi. (2018). Harga Paving Block per Meter Mulai 70.000. Dalam http://fast-indo.com/2018/05/08/harga-paving-per-meter/
Bustami, B., & Nurlela. (2013). Akuntansi Biaya (4th ed.). Jakarta: Mitra Wacana Media.
Carter, K. W. (2009). Akuntansi Biaya Buku 1 (14th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Gunawan, Kurnia, S., & Hasibuan, M. S. (2016). Analisis Perhitungan HPP Menentukan Harga Penjualan yang Terbaik untuk UKM. Jurnal Teknovasi, 03(2), 10–16.
Hansen, D. R., & Mowen, M. (2007). Managerial Accounting (8th ed.). USA: Thomson South-Western.
Hargabeton. (2018). Harga Paving Block Murah per Meter April 2019. Dalam https://hargabeton.com/harga-paving-block/
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 2 (13th ed.). Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, D. (2017). Konsep Teoretis dan Praktik pada Biaya Produksi (Manufacturing Cost). Jurnal Substansi, 1, 1–24. http://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/SUBS/article/download/207/158
Lasut, T. (2015). Analisis Biaya Produksi dalam Rangka Penentuan Harga Jual Makanan pada Rumah Makan Ragey Poppy di Tomohon. Jurnal Emba, 3(1), 43–51.
Mulyadi. (2016). Akuntansi Biaya (5th ed.). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Oberholzer, M., & Ziemerink, J. (2004). Cost Behaviour Classification and Cost Behaviour Structures of Manufacturing Companies. Meditari Accountancy Research, 12(1), 179–193. https://doi.org/10.1108/MEDAR-02-2014-0029
Riwayadi. (2016). Akuntansi Biaya Pendekatan Tradisional dan Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.
Samryn, L. M. (2012). Akuntansi Manajemen: Informasi Biaya untuk Mengendalikan Aktivitas Operasi & Investasi (1st ed.). Jakarta: Kencana.
Sari, Y., & Nasution, L. K. (2018). Analisis Penentuan Harga Jual dengan Metode Cost Plus Pricing dan Pengaruhnya terhadap Laba yang Dihasilkan pada UD Maju. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 85–97.
Satuan, Harga Per. 2019. Harga Paving Block/ Conblock per Meter Bulan April 2019. Dalam http://hargaper.com/harga-paving-block.html
Swastha, B. (2010). Manajemen Penjualan (3rd ed.). Yogyakarta: BPFE.
Zuhroh, D., & Pratiwi, C. (2014). Penentuan Harga Jual Stratejik Terhadap Produk dengan Strategi Biaya Rendah dan Diferensiasi. Jurnal Siasat Bisnis, 18(1), 133–142. https://doi.org/10.20885/jsb.vol18.iss1.art10
Copyright (c) 2023 Anisa Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.