Balanced Scorecard dan Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Tuban

Balanced Scorecard and Performance of Tuban Regency Regional Drinking Water Company (PDAM).

  • Affandi Dwi Rahmanto Universitas Sunan Bonang
Keywords: Company performance, customer perspective, financial perspective, internal business process perspective

Abstract

Many businesses use non-financial and financial measures to evaluate their performance. Financial measurements alone are not enough to measure company performance in the current global competitive environment, so company management must also use non-financial measurements to measure their performance. Currently, the Tuban Regency Regional Drinking Water Company (PDAM) is trying to implement a balanced scorecard to assess its business performance. Based on this background, this research aims to show the advantages of implementing the Balanced scorecard as a benchmark that complements measuring tools that only measure profitability with added dimensions. This will enable management to make the right strategic decisions to achieve company goals. The variables used include company performance as measured by Return on Investment, company financial perspective as measured by Net Profit Margin, customer perspective as measured by the percentage of complaints, and an internal business process perspective as measured by employee productivity. This research uses primary data. Due to a lack of data, learning and growth perspectives were not included. Purposive sampling techniques and multiple linear regression analysis were used to collect data from 2018 to 2022. The t-test results showed that the financial perspective, customer perspective, and internal business process perspective did not influence company performance; however, the financial perspective, customer perspective, and internal business process perspective influenced company performance.

ABSTRAK: Banyak bisnis menggunakan pengukuran non-keuangan dan finansial untuk mengevaluasi kinerja mereka. Pengukuran finansial saja tidak cukup untuk mengukur kinerja perusahaan dalam lingkungan persaingan global saat ini, sehingga manajemen perusahaan harus menggunakan pengukuran non-keuangan juga untuk mengukur kinerja mereka. Saat ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Tuban sedang berusaha menerapkan Balanced Scorecard untuk menilai kinerja bisnisnya. Berdasarkan latar belakang ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan keuntungan dari penerapan Balanced Scorecard sebagai tolak ukur yang melengkapi alat ukur yang hanya mengukur profitabilitas dengan dimensi yang ditambahkan. Ini akan memungkinkan manajemen membuat keputusan strategis yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan. Variabel yang digunakan termasuk kinerja perusahaan yang diukur dengan Return on Investment; perspektif keuangan perusahaan yang diukur dengan Net Profit Margin; perspektif pelanggan yang diukur dengan prosentase keluhan; dan perspektif proses bisnis internal yang diukur dengan produktivitas karyawan. Penelitian ini menggunakan data primer. Karena kurangnya data, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan tidak disertakan. Teknik purposive sampling dan analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengumpulkan data dari tahun 2018 hingga 2022. Hasil uji t menunjukkan bahwa perspektif keuangan, perspektif pelanggan, dan perspektif proses bisnis internal tidak memengaruhi kinerja perusahaan; namun, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, dan perspektif proses bisnis internal memengaruhi kinerja perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, A. M., Sari, R. M., & Fristiani, N. (2020). Implementasi Metode Balanced Scorecard sebagai Tolok Ukur Pengukuran Kinerja pada Organisasi Sektor Publik. JCA (Jurnal Cendekia Akuntansi), 1(2), 58–70. https://doi.org/10.32503/akuntansi.v1i2.1399

Basri, Y. M. (2015). Pengukuran Kinerja Non Finansial dalam Meningkatkan Kinerja Finansial: Study Literatur. Jurnal Akuntansi: Media Riset Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 114–126. https://ja.ejournal.unri.ac.id/index.php/JA/article/view/2694

Herawati, H. (2019). Pentingnya Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan. JAZ: Jurnal Akuntansi Unihaz, 2(1), 16–25. https://journals.unihaz.ac.id/index.php/jaz/article/view/806

Hom, P. W., Lee, T. W., Shaw, J. D., & Hausknecht, J. P. (2017). One hundred years of employee turnover theory and research. Journal of Applied Psychology, 102(3), 530–545. https://doi.org/10.1037/apl0000103

Kaplan, R. S., Norton, D. P., Pasla, P. R. Y., Sumiharti, Y., & Kristiaji, W. C. (2001). Balanced scorecard: Menerapkan strategi menjadi aksi. Jakarta : Erlangga.

Kim, J., & Rhee, J. (2012). An empirical study on the impact of critical success factors on the balanced scorecard performance in Korean green supply chain management enterprises. International Journal of Production Research, 50(9), 2465–2483. https://doi.org/10.1080/00207543.2011.581009

Malara, J. R., Citraningtyas, G., & Datu, O. S. (2020). Pengukuran Kinerja Instalasi Farmasi Rumah Sakit Advent Manado dengan Metode Balanced Scorecard pada Perspektif Keuangan dan Perspektif Proses Bisnis Internal.

Pharmacon, 9(4), 512–517. https://doi.org/10.35799/pha.9.2020.31357

Mulyadi, (2001). Balanced scorecard: alat manajemen kontemporer untuk pelipatganda kinerja keuangan perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Nurhaliza, A., & Nofrian, F. (2023). Analisis Pengaruh Uang Elektronik terhadap Kecepatan Perputaran Uang di Indonesia. Journal of Development Economics and Digitalization, 2(2), 33–52. https://ejournal.upnvj.ac.id/jded/article/view/6572

Pangestu, P. A., & Hastuti, S. (2021). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Koperasi. Small Business Accounting Management and Entrepreneurship Review, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.61656/sbamer.v1i1.49

Putri, K., & Suryaningrum, D. H. (2023). Analisis Pengaruh Materialitas terhadap Profitabilitas, Solvabilitas, Likuiditas dengan SDGs Sebagai Variabel Mediasi. Journal of Economic, Public, and Accounting (JEPA), 6(1), 28–40. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/jepa/article/view/2893

Quesado, P., Aibar Guzmán, B., & Lima Rodrigues, L. (2018). Advantages and contributions in the balanced scorecard implementation. Intangible Capital, 14(1), 186–201. https://doi.org/10.3926/ic.1110

Robbins, S. P. (1994). Teori Organisasi: Struktur, Desain dan Aplikasi. Alih Bahasa Jusuf Udaya. Jakarta: Arcan.

Rohmah, L. N., & Reviandani, W. (2022). Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard di PT. Ravana Jaya Gresik. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 690–701. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/1132

Saharuddin, T. S., Satibi, S., & Andayani, T. M. (2019). Analisis Perspektif Pembelajaran Dan Pertumbuhan Dalam Mengukur Kinerja Instalasi Farmasi RSUD A.M. Parikesit Tenggarong Kutai Kartanegara Kalimantan Timur Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Jurnal Ilmiah Manuntung, 5(1), 97–105. https://doi.org/10.51352/jim.v5i1.234

Saihu, S. (2019). Implementasi Manajemen Balanced Scorecard di Pondok Pesantren Jam’iyyah Islamiyyah Tangerang Selatan. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman, 3(1), 1–22. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v3i1.30

Saponaro, G. (2023). Risk taking under assimilation and contrast: theory, experiments, and applications. SSRN Electronic Journal, October 1, 2022. https://doi.org/10.2139/ssrn.4595132

Saputri, E. M., Kusuma, I. L., & Prastiwi, I. E. (2021). Pengaruh Pengukuran Balance Scorecard terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus PT. Indo Veneer Utama). Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(1), 204216. https://doi.org/10.29040/jap.v22i1.2722

Saryanti, E., & Tiningrum, E. (2020). Analisis Pengaruh Perspektif-Perspektif Balanced Scorecard terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Excellent: Journal of Management, Business, and Education, 7(1), 25–36. https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.623

Sefudin, A., Prasetyono, H., & Sasmoko, A. (2014). Implementasi Balanced Scorecard di Koperasi Karyawan dan Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra). JABE (Journal of Applied Business and Economic), 1(1), 31–46. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/JABE/article/view/1362

Sirait, B. T. R., Wijaya, A. F., & Putra, F. (2020). Critical Success Factors (CSFs) of Balanced Scorecard Implementation in Public Sector Institution (A Study in the Ministry of Foreign Affairs (MoFA) Indonesia). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 006(01), 118–126. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2020.006.01.14

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Bandung: Alfabeta.

Suryaningrum, D. H., Abdul Rahman, A. A., Meero, A., & Cakranegara, P. A. (2023). Mergers and acquisitions: does performance depend on managerial ability? Journal of Innovation and Entrepreneurship, 12(1), 30 (1-23). https://doi.org/10.1186/s13731-023-00296-x

Winarno, S. heri. (2017). Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Melalui Analisis Profitabilitas. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 106–112. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter/article/view/2237

Zuniawan, A., Julyanto, O., Suryono, Y. B., & Ikatrinasari, Z. F. (2020). Implementasi Metode Balanced Scorecard untuk Mengukur Kinerja di Perusahaan Engineering (Study Case PT. MSE). Journal Industrial Servicess, 5(2), 251–256. https://doi.org/10.36055/jiss.v5i2.8008

Published
2024-01-28
How to Cite
Rahmanto, A. D. (2024). Balanced Scorecard dan Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Tuban: Balanced Scorecard and Performance of Tuban Regency Regional Drinking Water Company (PDAM). Public Management and Accounting Review, 5(1), 1-16. https://doi.org/10.61656/pmaar.v5i1.122